PPMKI resmi berdiri pada 13 November 1979 dengan ketua pertama, Solihin G.P. Setelah terbentuk, beragam kegiatan segera digelar. Aktivitas perdana adalah Joy Tour ke pantai Carita dan Cimelati. Pada 1980, PPMKI nekat mengadakan reli mobil kuno yang pertama dengan rute Jakarta - Semarang. Kenekatan ini sangat beralasan sebab pengurus waktu itu belum punya pengalaman atas event berkecepatan tinggi ini. Namun berkat peran jago-jago reli seperti Tinton Suprapto, Helmy Sungkar, Doly Sofary dan Doly Indra Nasution, ajang ini berhasil meluncur mulus. Sejak itu, reli mobil kuno menjadi agenda tetap PPMKI. Lingkupnya menjadi kalender event otomotif nasional.

Cikal bakal berdirinya klub sudah terlihat ketika pada November 1979 digelar pameran otomotif pertama di Balai Sidang Jakarta. Penyelenggaranya, IKIA Inc. Karena  yang  pertama,  berbagai  merek  dan  jenis  pun  tak  mau  ketinggalan. Mereka merasa rugi bila tak ikut serta di dalam ajang ini. Ketika itu juga dirasakan perlu untuk mengundang para pencinta mobil, karena itulah undangan ini diiklankan.
 
Ternyata kemunculan iklan tersebut, mendapat antusias yang tinggi dari para pengemar mobil tua. Setelah permohonan partisipasi diterima IKIA, jadilah mobil-mobil tua hadir dalam pameran ini. Ketika itu, terkumpul 10 unit mobil tua, termasuk sebuah Ford tahun 1918 menjadi peserta pameran.

Ada definisi mobil kuno yang dianut PPMKI, yaitu kendaraan beroda empat atau lebih, yang dibuat pada tahun 1965 atau sebelumnya, dan keaslian komponennya sesuai  dengan  ketentuan.  Semua  bagian  harus  90%  asli  seperti  bentuk  bodi, mesin, gril, bemper depan-belakang, lampu-lampu, lis-lis, pelek, dashboard dan indikatornya, stir serta radiator.

Sampai saat ini PPMKI telah tersebar di berbagai daerah. Masing-masing cabang juga membentuk kepengurusan sendiri. Mereka bisa ditemui di DKI, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sumatera Utara dan Sumatera Barat.

 

Koleksi Mobil Antik PPMKI

Undangan

telkomsel-indonesia-international-motor-show-2019
top-coffee-ppmki-jateng-tour-2019

Mau ngumpul dimana?

tempat kumpul komunitas

Manshed Indonesia, Puaskan Pecinta Kuliner dan Otomotif

Traveler suka otomotif? Suka bingung mau nongkrong dimana kalau mau bahas otomotif bareng temen? Gak usah bingung lagi, karena di Bal ada restoran yang keren banget, yang dijamin bikin kamu betah banget nongkrong di sana. Sambil silaturahmi, di isi dengan pembicaraan otomotif, dan diselingi dengan sajian yang ajib … banget.

Baca selengkapnya...